Kontraktor Rumah Tahan Gempa


Kontraktor Rumah Tahan Gempa
Project Kami – Kontraktor Rumah Tahan Gempa

Kontraktor Rumah Tahan Gempa

Sejak berdiri tahun 2009, kontraktor PT AMP telah mendirikan beberapa rumah bagus hingga kualitas rumah mewah dan rumah lux dengan spesifikasi rumah tahan gempa.

Pengalaman ini membuat kami mempunyai spesialisasi sebagai kontraktor rumah tahan gempa.

Sehingga dapat menjadi solusi bagi pemilik rumah yang ingin memiliki rumah dengan spesifikasi rumah tahan gempa atau bagi pemilik rumah di daerah rawan gempa.

Apakah Rumah Tahan Gempa?

Pengertian umum dari rumah tahan gempa adalah rumah yang sudah disiapkan untuk dapat menghadapi bahaya gempa bumi.

Secara prinsip rumah tahan gempa sama bentuknya seperti rumah biasa, namun diberikan perhatian lebih agar rumah tahan gempa bisa beradaptasi dengan goyangan gempa.

Ini membutuhkan pendekatan keilmuan bangunan untuk dapat mengadaptasi perilaku dan dampaknya terhadap bahaya gempa.

Pengecoran Oleh Kontraktor Rumah Tahan Gempa
Pengecoran Pembangunan Rumah Tahan Gempa

Mengapa Rumah Tahan Gempa?

Gaya vertikal dan gaya horizontal

Secara umum seluruh bangunan, kecuali bendungan dan dinding penahan tanah, dirancang kuat terhadap gaya yang bekerja vertikal, namun lemah terhadap hantaman gaya dari arah horizontal.

Peristiwa jatuhnya jembatan penyeberangan jalan oleh hantaman truk bermuatan atau rusaknya jembatan kali barito tertabrak kapal yang melaju , menjadi contoh akan hal ini.

Hantaman atas struktur jembatan tersebut merupakan salah satu bentuk gaya horizontal yang bekerja pada bangunan.

Gempa bumi dalam keilmuan struktur bangunan teknik sipil, merupakan bentuk gaya horizontal yang bekerja terhadap bangunan.

Selama ini kita mengetahui bahwa bangunan harus kuat terhadap gaya ke bawah untuk menopang beban bangunan ke tiang, ke pondasi hingga lepas ke lapisan tanah.

Untuk mengantisipasi gaya gempa horizontal maka bangunan rumah harus dapat bersifat elastis dan plastis untuk dapat mengadaptasi gaya gempa yang bekerja.

Beberapa alasan atas pentingnya bangun rumah dengan spesifikasi rumah tahan gempa, antara lain:

1. Alasan faktor geografis Indonesia

Secara geografis, Indonesia terletak di lokasi yang mempunyai resiko gempa.

Selain propinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah, seluruh propinsi di Indonesia mempunyai resiko bahaya gempa bumi yang derajat kerawanannya berbeda beda.

Peta daerah rawan gempa Indonesia
Peta daerah rawan gempa Indonesia

Ancaman bahaya gempa di Indonesia adalah hal yang nyata. Pencegahan atas dampaknya terhadap kehidupan merupakan sebuah tindakan yang diperlukan dan merupakan hal yang bijaksana.

2. Ilmu telah menyediakan solusi pencegahan bahaya gempa bumi

Pendekatan ilmu teknik sipil yang mempelajari perilaku, efek dan dampak gempa bumi terhadap bangunan telah maju.

Ilmuwan dunia mempelajari riwayat gempa dan dampaknya dari abad 19 hingga saat ini. Setiap ada peristiwa gempa yang berdampak besar akan membuat para ahli untuk memperbaharui keilmuan struktur bangunan tahan gempa.

Hal ini membuat pemahaman pendekatan gempa dari insiyur bangunan tahun 70an akan sangat berbeda dengan pendekatan keilmuan tahun 2020 an.

Keilmuan teknik sipil gempa terus berjalan dan memperbaharui pendekatannya.

Jasa arsitek dan kontraktor
Fase Pengecoran Basement Garasi

3. Rumah tahan gempa Indonesia dengan spek kelas dunia

Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan panduan dan acuan yang jelas, terstruktur dan tertata dalam SNI 1726 : 2019 tentang “Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Struktur Bangunan Gedung dan Nongedung“.

Peraturan ini merupakan buah pemikiran para ahli gempa, ahli geolog dan ahli bangunan Indonesia yang mengadopsi peraturan serupa di Amerika Serikat yang disesuaikan dengan semua kondisi di Indonesia.

Penyesuaiannya peraturan Amerika Serikat ke peraturan Indonesia mencakup ; spektrum gempa lokal Indonesia, umur bangunan Indonesia secara umum dan kondisi kemungkinan statistikal terjadinya gempa.

Penyesuaian juga mengadopsi material bangunan lokal, kualitas beton lokal, tata cara pembangunan dan jenis pondasi yang cocok dan umum untuk Indonesia.

Sehingga SNI 1726 tentang “Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non gedung” merupakan peraturan membangun rumah tahan gempa kelas dunia.

Membangun rumah dengan acuan SNI 1729 ini memiliki arti bahwa; kini terbuka bagi kita di Indonesia untuk memiliki rumah tahan gempa kelas dunia. Rumah dengan struktur bangunan dari buah pemikiran ahli di dunia.

Solusi rumah tahan gempa sudah ada saat ini. Siap digunakan. Tinggal kita implementasikan saja.

Perlu Keterlibatan Arsitek

Ahli arsitek atau konsultan arsitek terlibat dalam pembangunan dari mulai fase desain hingga pelaksanaan pembangunan.

Arsitek bekerja merancang bangunan di fase desain dan menjadi pengawas sisi arsitektural bangunan pada fase pembangunan.

Bila mengacu kepada SNI gempa, maka dalam membangun rumah tahan gempa desain arsitek juga harus bersandar kepada acuan SNI gempa.

Tujuannya agar pada fase awal pembangunan, semua hal yang menyangkut dimensi, bentuk dan struktur bangunan telah menjadi pertimbangan dan tertera dalam rancangan desain arsitektur.

Kami sebagai kontraktor rumah tahan gempa kemudian dapat membangun berdasarkan rancangan ini.

Ini membutuhkan kerjasama yang erat antara ahli arsitek dan ahli struktur bangunan mutlak perlu agar tidak terjadi koreksi pekerjaan di fase pembangunan. Hal ini hanya berarti extra biaya bangun rumah.

Tim kontraktor rumah tahan gempa kami mempunyai tim arsitek yang telah bekerjasama membangun beberapa rumah dengan spesifikasi tahan gempa.

Bila anda mengunakan jasa kontraktor rumah tahan gempa kami, maka anda otomatis mendapatkan desain aristek dengan mengikuti kaidah rumah tahan gempa.

Biaya Bangun Rumah

Harga rumah tahan gempa selisih sedikit saja

Dalam membangun rumah biasanya kita mengenal 2 istilah ini: pekerjaan struktural & pekerjaan arsitektural.

Pekerjaan struktural merupakan pekerjaan struktur penopang bangunan, dari pondasi hingga struktur atap.

Pekerjaan arsitektural merupakan pekerjaan berkenaan dengan estetika dan fungsi bangunan untuk keseharian penghuninya. Contohnya ; pemasangan marmer lantai, pemasangan pintu, kusen, jendela, pemasangan toilet, shower kamar mandi, pengecatan dinding dsb.

Spesifikasi rumah tahan gempa hanya menyentuh detailitas pekerjaan pada pekerjaan struktural bangunan saja. Bagian dari struktur rumah mana yang harus diperkuat, bagian mana diharapkan menerima getaran gempa dan bagaimana respond nya terhadap gempa, semua mejadi bagian hanya dari pekerjaan struktural.

Hal ini tidak mempengaruhi pekerjaan arsitektural rumah. Sedangkan biasanya pekerjaan arsitektural rumah biasanya merupakan pekerjaan yang lebih mahal.

Kontak Kontraktor Rumah Tahan Gempa

Pertimbangkanlah bangun rumah tahan gempa bila anda hendak membangun rumah. Tim kami siap membantu dalam desain arsitek hingga pelaksanaan pekerjaan bangun rumah nya. Silahkan hubungi kami untuk informasi lebih jauh :