Kontraktor Jakarta » Cara Menghitung Biaya Bangun Rumah

Cara Menghitung Biaya Bangun Rumah

Jasa Arsitek dan Kontraktor

Artikel ini menjelaskan mengenai cara mudah agar kita dapat melakukan estimasi biaya bangun rumah. Apa itu biaya bangun rumah, mengapa bisa berbeda beda tiap rumah, tips menghitung harga bangun rumah dengan bantuan koefisien biaya bangun rumah per meter dan saran dari jasa kontraktor terkait harga bangun rumah.

Ikuti artikel ini hingga pada akhir artikel anda dapat memperkirakan biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumah anda untuk luas bangunan yang sudah anda perkirakan.

Apa Itu Biaya Bangun Rumah?

Sesuai dengan namanya biaya bangun rumah adalah jumlah biaya yang diperlukan untuk membangun rumah. Istilah ini dalam bahasa konstruksi memiliki nama lain rencana anggaran biaya (RAB).

Definisi dari rencana anggaran biaya ialah rencana atas grup anggaran anggaran pengeluaran dalam membangun rumah.

Dinamakan rencana, karena dokumen ini dikeluarkan oleh kontraktor sebelum pelaksanaan konstruksi. Kontraktor menyusun rencana anggaran biaya jauh hari sebelum pelaksanaan membangun rumah.

Nilai dalam rencana anggaran biaya merupakan nilai keseluruhan total pembangunan rumah, dari tanah kosong hingga serah terima bangunan.

Kondisi bangunan rumah pada serah terima rumah oleh jasa kontraktor pada kondisi ; air sudah mengalir di semua kran air dan listrik sudah menyala di seluruh ruangan.

Apa Yang Menyebabkan Estimasi Biaya Bangun Rumah Bisa Berbeda?

Biaya membangun rumah tidak sama untuk tiap lokasi pembangunan.

Beberapa lokasi mempunyai harga bangun rumah yang lebih tinggi dari lokasi lainnya.

Ketersediaan material alam di lokasi, ketersediaan tenaga pekerja hingga tingkat kesulitan akses transportasi material dan manusia menjadi faktor pembeda dari tiap harga bangun rumah.

Biaya Bangun Rumah

Ketersediaan material bangunan, ketersediaan tenaga pekerja, tingkat kesulitan akses transportasi material menjadikan nilai biaya bangun tiap lokasi daerah dapat berbeda.

Selain lokasi, mutu bangunan juga membedakan nilai harga bangun rumah.

Kebutuhan biaya membangun rumah untuk bangunan mewah dengan lantai marmer akan berbeda sekali dengan bangunan sederhana berlantai screed beton.

Biaya membangun rumah 3 lantai pasti berbeda dengan biaya membangun rumah 1 lantai, walaupun kedua bangunan tersebut mempunyai luas bangunan yang sama. Yang membedakan diantara keduanya ialah : kebutuhan kekuatan struktur bangunan 3 lantai dan transportasi material ke lantai atas bisa menjadi faktor pembeda yang utama.

Biaya membangun rumah 3 lantai berbeda dengan biaya membangun rumah 1 lantai, walaupun kedua bangunan tersebut mempunyai luas bangunan yang sama.

Menghitung Estimasi Biaya Bangun Rumah

Untuk memudahkan kita menghitung estimasi berapa biaya yang akan dikeluarkan untuk membangun rumah, maka kita mengenal istilah biaya per meter persegi. Dengan bantuan nilai ini, anda dapat menghitung harga total bangun rumah dengan mudah.

Menghitung estimasi bangun dapat dengan cara mengalikan koefisien angka harga bangun rumah per meter persegi dikalikan dengan rencana luas bangunan rumah.

Rumus cara menghitung biaya membangun rumah:

Biaya bangun rumah = rencana luas bangunan x koefisien bangun rumah per meter persegi

MewahLuxElite
Estimasi biaya bangun rumah 5 Jt/m27 Jt/m2>9 Jt/m2
Tabel koefisien bangun rumah per meter persegi

Satuan

  • Rencana luas bangunan = m2
  • Koefisien biaya bangun per meter persegi = Rp / m2
Biaya Bangun Rumah
Biaya Bangun Rumah

Contoh perhitungan biaya bangun rumah

Denah perhitungan biaya bangun rumah
Contoh Denah
  • Luas tanah = 9 m x 23 m = 207 m2
  • Rencana luas bangun rumah 1 lantai = 1 x 9 m x 15 m = 135 m2
  • Rencana bila luas bangun rumah 2 lantai = 2 x 9 m x 15 m = 270 m2

Sehingga untuk menghitung biaya ukuran bangunan 9×15 dengan 1 lantai rumah, alokasi biaya = 9 m x 5 m x 4 juta/m2 = Rp 540 Juta

atau

untuk menghitung biaya ukuran bangunan 9×15 dengan 2 lantai rumah, pemilik memerlukan alokasi biaya = 2 lantai x 9 m x 5 m x 4 juta/m2 = Rp 1.080 Juta

Menghitung biaya membangun rumah bisa dengan mengalikan koefisien angka harga bangun rumah per meter persegi dengan rencana luas bangunan rumah.

Catatan :

  1. Hasil perkalian diatas bukan nilai eksak biaya membangun rumah, namun sebagai patokan pemilik rumah untuk anggaran membangun rumah.
  2. Untuk biaya bangun yang sama, kita bisa menetapkan untuk memperbesar luas bangunan atau meninggikan mutu kelas bangunan. Hal yang sama berlaku sebaliknya.
Jasa desain arsitek rumah minimalis dan jasa kontraktor Jakarta - PT AMP Jakarta
Penyelesaian jasa arsitek rumah dan jasa kontraktor kami – PT AMP Jakarta

Nilai Sebagai Estimasi Biaya Bangun Rumah

Hasil dari nilai harga bangunan per meter persegi diatas bukan mencerminkan nilai proyek atau harga bangun rumah.

Nilai ini merupakan estimasi besaran yang harus dialokasikan oleh pemilik bangunan.

Mengapa nilai biaya bangun rumah per meter tidak tepat mengambarkan harga bangun rumah yang anda butuhkan?

Terdapat beberapa keterbatasan rumus yang tidak mencerminkan keadaan sesungguhnya pada saat bangun rumah. Sebagai contoh :

Dua rumah dengan luas bangunan sama masing masing 400 m2. Kita sebut keduanya rumah A dan rumah B. Rumah A berupa rumah kost dengan 8 kamar tidur lengkap dengan 8 kamar mandi . Rumah A mempunyai 8 unit meteran listrik PLN untuk tiap kamar yang terpisah tiap kamar. Tiap kamar tersedia 1 unit AC. Sedangkan rumah B merupakan rumah tinggal biasa, dengan 3+1 kamar tidur dan 2 kamar mandi dan 1 kamar mandi asisten. Rumah B mempunyai 1 meteran listrik dan 1 unit AC tersedia dalam ruang tidur.

Biaya Bangun Rumah
Biaya Bangun Rumah

Dari gambaran ini jelas tergambar membangun rumah A akan lebih besar dari pada membangun rumah B.

Rumah A memiliki 8 kamar tidur dan 8 kamar mandi maka membutuhkan 16 unit pintu. Kebutuhan tembok bata, plester beton dan cat untuk membentuk 8 kamar tidur dan 8 kamar mandi pada rumah tipe A pasti lebih banyak.

Biaya instalasi listrik dan intalasi air bersih / air kotor pasti berbeda dengan adanya 8 kamar mandi.

Adanya 8 unit meteran PLN juga merupakan extra biaya yang tidak terdapat pada rumah B.

Sehingga jelas, walaupun keduanya mempunyai luas bangunan yang sama sama 400 meter2 namun rumah A akan lebih tinggi nilainya terhadap rumah B.

Ini juga berarti bahwa perhitungan perkalian dengan harga bangun per meter persegi tidak bisa mewakili extra yang ada pada rumah tipe A terhadap rumah tipe B.

Nilai biaya bangun rumah ialah nilai RAB kontraktor

Sehingga nilai sesungguhnya dari harga bangun rumah ialah nilai dari rencana anggaran biaya (RAB) jasa kontraktor, bukan nilai atas rumus menghitung dengan perkalian harga per meter .


Artikel ini ditulis oleh Priambodo Msc dari tim PT AMP kontraktor rumah Jakarta. Hubungi kami bila anda membutuhkan jasa arsitek, jasa kontraktor, jasa kontraktor rumah tahan gempa, kontraktor rumah mewah atau jasa renovasi rumah untuk wilayah Jakarta dan Semarang.

*Mohon untuk mencantumkan url ini untuk mengutip artikel