Cara Membuat Pondasi Batu Kali Ala Kontraktor Rumah Mewah

sloof dan pondasi batu kali
sloof dan pondasi

Pondasi batu kali merupakan jenis pondasi yang umum digunakan di Indonesia. Hampir semua bangunan mengunakan jenis pondasi ini, mulai dari bangunan sederhana seperti pos ronda, gardu satpam, rumah sangat sederhana hingga rumah tinggal. Begitu umumnya pondasi batu kali digunakan sehingga terkadang kami selalu mendapatkan pertanyaan mengenai cara membuatnya dengan benar.

Pada tulisan ini tim PT AMP Kontraktor Rumah Jakarta akan membahasnya dengan lebih dalam.

1. Pengertian Pondasi Batu Kali

Pondasi batu kali adalah salah satu jenis pondasi dangkal yang dibuat dengan mengunakan material batu kali sebagai material utamanya.

Walaupun mempunyai nama dengan istilah batu kali, pondasi tipe ini dapat digunakan material batu lain yang mempunyai kekuatan yang sama, seperti batu gunung.

Hal ini kami lakukan pada beberapa proyek pembangunan kami di Jawa Tengah. Lokasi proyek berada di pantura, daerah muara sungai yang sulit mendapatkan batu kali ukuran besar.

Sebagai gantinya proyek mengunakan batu gunung yang mempunyai karakteristik sama dengan batu kali dan bangunan mendapatkan hasil kekuatan yang sama baiknya dengan batu kali.

pemasangan tiang kolom praktis ke pondasi

2. Gunakan Hanya Batu Kali Belah

Pastikan anda mengunakan material batu kali belah atau batu gunung belah dari pada batu bulat dari alam.

Kelebihan mengunakan batu yang sudah dibelah sebagai material pondasi adalah susunan batu dapat saling mengunci satu sama lain. Kelebihan lainnya, batu akan mempunyai gaya geser antar batu yang lebih besar bila dibandingkan pemakaian batu bulat dari alam. Hal ini berguna agar batu kali bekerja sebagai satu kesatuan sistem pondasi.

Tentu kita tidak ingin melihat pondasi yang kita buat lepas batu penyusunnya karena dibuat dari batu bulat bukan?

3. Kegunaan Pondasi Batu Kali

Dalam ilmu teknik Sipil, kita membagi pondasi berdasarkan kedalaman pondasinya :

  1. Pondasi dangkal
  2. Pondais dalam

Pondasi dangkal adalah tipe pondasi yang mendapatkan daya dukung tanah dari lapisan tanah atas. Pondasi dangkal bekerja dengan memanfaatkan perlawanan gaya axial dari permukaan tanah. Pondasi dangkal biasanya digunakan untuk menahan beban jenis bangunan yang relatif ringan. Mulai dari bangunan pos ronda, gardu satpam hingga rumah 1 lantai.

3.1. Pondasi Batu Kali untuk Rumah 1 lantai

Pada struktur rumah 1 lantai, pondasi batu kali biasanya merupakan pondasi utama, tanpa mengunakan pondasi tapak beton lagi. Namun hal ini tetap harus disesuaikan dengan kondisi karakter tanah sekitar dan beban bangunan rumahnya.

3.2. Pondasi Batu Kali untuk Rumah 2 Lantai

Bila anda hendak membangun rumah 2 lantai, maka pengunaan pondasi dangkal dengan pondasi batu kali tidak mempunyai struktur yang cukup untuk menahan struktur bangunan lantai 2. Untuk itu anda membutuhkan pondasi tapak beton atau pondasi setempat beton bertulang sebagai pondasi utama struktur. Pondasi dengan mengunakan batu kali tetap dapat digunakan, namun hanya sebagai pondasi penahan tembok di lantai dasar saja.

Sedangkan pondasi dalam adalah tipe pondasi yang mendapatkan daya dukung tanah dari gaya gesekan sepanjang kulit tiang pancang dan kekuatan end bearing pondasi.

Pondasi tipe ini digunakan untuk menahan beban bangunan yang lebih berat atau bangunan yang didirikan diatas tanah dengan daya dukung rendah. Pondasi dalam biasanya digunakan untuk pembangunan bangunan bertingkat menengah, bangunan gedung bertingkat tinggi, bangunan fasilitas pelabuhan hingga dermaga kapal laut ditepi pantai.

4. Karakteristik Pondasi Batu Kali

Jenis pondasi ini membawa karakteristik yang diturunkan dari sifat material utamanya yaitu batu kali. Karakteristiknya antara lain :

4.1. Batu kali merupakan material struktur bangunan yang stabil

Sebagai salah satu jenis batuan yang keras, material batu kali mempunyai sifat solid, tidak berubah bentuk, tahan cuaca, tahan didalam rendaman air hingga tahan terhadap air asin.

Karakteristik ini merupakan hal yang penting untuk sebuah pondasi bangunan, karena pondasi bangunan membutuhkan ketangguhan material dasar dalam waktu yang lama.

4.2. Batu kali merupakan material yang melimpah di Indonesia

Sebagai negara yang dikelilingi oleh gunung api, material batu besar mudah ditemukan dikebanyakan tempat di Indonesia.

Istilah batu kali merupakan batu solid yang biasa ditemukan di kali. Bila di lokasi anda sudah tidak terdapat batu kali maka anda dapat mengunakan batu gunung sebagai material pengganti untuk hasil yang sama baiknya.

4.3. Harga batu kali murah

Sebagai material yang melimpah di Indonesia, maka batu kali mempunyai harga yang relatif murah sebagai material pembuat pondasi dangkal.

Alternatif material pondasi dangkal lain ialah mengunakan bahan dari beton bertulang.

sloof dan pondasi batu kali

5. Pondasi Batu kali vs Pondasi Beton Lajur

Hal ini dapat kita cermati dengan mudah dari material pembentuknya saja.

Pembuatan pondasi dengan material batu kali hanya membutuhkan material batu kali dan plester semen. Pelaksanaan pekerjaan hanya dengan menyusun batu kali dengan material plester pengikat. Pondasi relatif langsung dapat digunakan tidak lama setelah pembuatan selesai.

Sebagai patokan harga batu kali 1 truk atau 6 m3 ada dikisaran Rp 1.800.000 hingga Rp 2.300.000. Kisaran harga ini biasanya disebabkan karena faktor jarak trasportasi material dan tenaga loading unloading material.

Sedangkan estimasi harga pondasi batu kali jadi ada pada dikisaran 700.000 – 800.000 per meter3 sudah dalam bentuk podasi jadi.

Bila dibandingkan dengan pondasi lajur beton bertulang, maka material pembuatan pondasi lajur beton bertulang lebih kompleks, yaitu : beton ( campuran semen, pasir dan batu split) dan tulangan besi yang telah dianyam.

Ini membuat biaya pembuatan pondasi lajur beton bertulang lebih mahal dari pada batu kali. Selain karena harga tiap materialnya lebih mahal, proses membuat beton dan membuat anyaman besi membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Ini artinya membutuhkan biaya pembuatan jasa tukang bangunan yang lebih lama.

Beton yang telah dicor pada pondasi beton lajur juga membutuhkan waktu setting time / waktu pengerasan beton, sebelum pondasi lajur beton mulai dapat digunakan.

6. Kelebihan Pondasi Batu Kali

Sehingga dapat dirangkum dari poin poin sebelumnya beberapa kelebihan pondasi antara lain :

  1. Pembuatannya murah
    Pembuatan pondasi ini jauh lebih murah dibandingkan dengan pondasi beton lajur.
  2. Ketersediaan material batu kali yang melimpah
    Secara umum jenis batu kali besar dapat dijumpai dengan mudah di Indonesia. Anda dapat mengunakan material batu gunung dengan hasil yang sama baiknya. Pastikan hanya mengunakan jenis batu yang telah dibelah atau bukan batu bulat utuh.
  3. Mudah dibuat
    Ketrampilan bekerja dengan batu merupakan ketrampilan paling dasar dari tukang bangunan. Sehingga hampir seluruh pekerja bangunan dapat membuat pondasi dengan hasil kekuatan yang baik. Berbeda bila kita bandingkan dengan pembuatan pondasi lajur beton bertulang, dimana material utamanya adalah beton. Pembuatan beton membutuhkan ketelitian yang tinggi untuk hasil yang maksimal. Pembuatan beton secara asal akan menghasilkan beton yang tidak bisa dipertanggung jawabkan kekuatannya.
  4. Tahan cuaca, tahan air dan tahan dalam lingkungan asam
    Batu kali merupakan material yang tahan terhadap perubahan cuaca, perbedaan suhu, perbedaan kelembaban tanah, dapat direndam dalam air dan tahan dalam lingkungan tanah yang asam. Batu kali juga relatif stabil dalam waktu yang sangat lama.

7. Cara Membuat Pondasi Batu Kali

Berikut beberapa tips membuat pondasi yang benar ala PT AMP kontraktor rumah jakarta membuatnya:

  1. Pastikan ketersediaan material batu kali / batu gunung
    Sebelum memulai maka harus dipastikan anda mempunyai supplyer yang mempunyai ketersediaan material batu kali atau batu gunung yang cukup. Untuk itu anda harus menghitung volume batu kali yang dibutuhkan untuk kemudian dipastikan ketersediaannya oleh supplyer.
  2. Hanya gunakan material batu kali pecah atau batu gunung pecah
    Anda akan mendapatkan hasil pondasi yang solid, saling mengunci dan tidak mudah copot batunya bila dibandingkan bila anda mengunakan material batu bulat.
  3. Buat kedalaman pondasi minimal 100 cm atau 1 meter
    Secara umum kedalaman pondasi rumah 1 lantai atau kedalaman pondasi bangunan sederhana lainnya minimal 100 cm atau 1 meter dari permukaan tanah. Kondisi umumnya tanah, pada kedalaman tanah 0-30 cm kita akan temukan humus. Kedalaman lebih dari 30 cm baru ditemukan tanah asli. Kedalaman 100 cm atau 1 meter dibutuhkan untuk mendapatkan tanah yang telah dikompresi dengan baik dan tanah yang relatif aman dari perubahan cuaca.
  4. Buat lapisan pasir sebagai dasar pondasi setebal 5cm -10 cm. Lapisan pasir ini berguna untuk meratakan dasar pondasi dari tanah galian.
  5. Buat pasangan batu kosong, atau batu batu dengan kedudukan berdiri yang diisi dengan pasir sebagai media penutupnya. Pasangan batu kosong berfungsi sebagai media drainase pondasi dan membuat dudukan pondasi yang lebih kokoh dan kuat menahan beban diatasnya.
    Namun bila tanah pada dasar pondasi cukup kering dan kuat maka pasangan batu kosong dapat ditiadakan. Drainase pondasi dapat mengunakan lapisan pasir 10 cm saja.
  6. Desain lebar pondasi atas 25 cm dan lebar pondasi bawah minimal 70 cm -80 cm
    Kita membutuhkan lebar pondasi atas yang sedikit lebih lebar dari lebar tembok bata. Hal ini untuk memastikan pondasi tetap dapat memengang beban tembok dengan benar, walaupun pada pelaksanaan pemasangan tembok tidak lurus dan rapi.
    Lebar pondasi bawah minimal 70 cm -80 cm diperlukan sebagai badan penyaluran pondasi kedalam tanah yang cocok untuk pondasi rumah 1 lantai

8. Gambar Detail Pondasi Batu Kali

Berikut beberapa gambar detail pondasi dengan tinggi 70 cm dengan lebar pondasi 80 cm. Tanah keras ditemukan di kedalaman 110 cm.

gambar detail pondasi batu kali kontraktor rumah jakarta

gambar detail pondasi kontraktor rumah jakarta


Artikel ini ditulis oleh Priambodo Msc dari tim PT AMP kontraktor rumah Jakarta. Hubungi kami bila anda membutuhkan jasa arsitekjasa kontraktorjasa kontraktor rumah tahan gempajasa kontraktor rumah mewah  atau jasa renovasi rumah untuk wilayah Jakarta dan Semarang.

*Mohon untuk mencantumkan url ini bila mengutip artikel

Exit mobile version